by

Why Do People Feel Insecure


Apasih sebenarnya Insecure? dalam istilah psikologi, insecure merupakan keadaan emosi yang terjadi apabila kita menilai diri kita menjadi seorang inferior dari orang lain. Kemudian mengenai suatu aspek tertentu yang terjadi di dalam kehidupan kita yang bisa dianggap sebagai kehidupan yang relevan, serta hal- hal yang menjadi penilai dapat menimbulkan vaensi negative di dalam perasaan yang kita miliki.

Dalam garis besar, insecure atau rasa tidak percaya diri merupakan keadaan dimana seseorang merasa tidak nyaman dengan diri sendiri, merasa tidak puas dengan pencapaian yang sudah didapatkan. Kenapa hampir semua orang mengalami hal ini? atau kenapa seseorang mempunyai rasa tidak percaya diri?

Hal-hal yang menyebabkan seseorang tidak percaya diri

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain
Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Membandingkan dirimu dengan orang lain yang lebih baik, hanya akan membuatmu khawatir dan tidak bersyukur.
Hal ini akan menyebabkan kepercayaan dirimu berkurang dan terkikis. Tetaplah bersyukur dan menjadi dirimu sendiri.

Sisi Penampilan/Beauty Standart
Penampilan bisa menjadi salah satu sumber dari rasa tidak percaya diri. Orang-orang disekitar kita sering kali secara langsung maupun tidak langsung mengomentari penampilan kita. Komentar tersebut cenderung akan membuat seseorang akan memikirkannya bahkan menjadi satu hal yang selalu diingat.
Yang harus kita sadari yaitu kecanntikan/penampilan seseorang tidak bisa dinilai dan tidak memiliki standart karena cantik bersifat relative.

Penggunaan Media Sosial yang Toxic
Media sosial sangat berpengaruh pada psikologis dari penggunanya. Kebanyakan orang menggunakan media sosial untuk pamer dan menunjukan bahwa dirinya lebih bahagia dari siapapun. Bagi seseorang yang sedang dalam keadaan terpuruk, dan melihat postingan seperti itu akan membuat dirinya merasa minder dan tidak berharga.

Kekhawatiran yang berlebihan
ketika seseorang sedang termenung dan mempunyai masalah kecil, seringkali seseorang memikirkan hal-hal yang belum terjadi dan merasa takut dengan apa yang ia bayangkan. Hal ini akan menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan sehingga rasa percaya diri itu berkurang.

Pernah Mengalami Kegagalan
Setiap orang tentunya pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Masa lalu yang buruk dapat membuat ingatannya terus ada hingga menyebabkan trauma yang berkepanjangan. Trauma ini menimbulkan efek yang tidak bagus atau menurunya kesehatan mental.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan seseorang merasakan insecure dalam hidupnya. Insecure tidak bisa diremehkan, karena insecure yang berkepanjangan dan berlebihan akan membahayakan psikologis seseorang.

Penulis : Hasna Nur Azizah

https://www.instagram.com/hasnanuraaa

News Feed